PENERAPAN FUZZY C-MEANS UNTUK PENGELOMPOKKAN PENYAKIT

PENERAPAN FUZZY C-MEANS UNTUK PENGELOMPOKKAN PENYAKIT BERDASARKAN FAKTOR USIA DAN NILAI BODY MASS INDEX PADA RUMAH SAKIT

PENERAPAN FUZZY C-MEANS UNTUK PENGELOMPOKKAN PENYAKIT


BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Rekam medis adalah catatan yang berisikan informasi tentang identitas pasien, anamnesa, penentuan fisik laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan medik yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun yang mendapatkan pelayanan gawat darurat. Salah satunya berisikan informasi mengenai penyakit-penyakit yang pernah/sedang di derita oleh pasien. Penyakit merupakan suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Suatu penyakit biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ialah usia pasien dan BMI (Body Mass Index). 
Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin merupakan salah satu rumah sakit yang memiliki jumlah pasien dalam skala besar dan keaneka ragaman jenis penyakit. Dengan jumlah pasien yang begitu banyak, maka semakin banyak kasus pasien yang menderita penyakit yang sama berdasarkan faktor usia dan nilai bmi. Berdasarkan pada data penyakit yang diperoleh di rumah sakit tersebut, penyakit gagal jantung kongestif merupakan penyakit paling banyak diderita oleh pasien yang berusia rata-rata 40 tahun ke atas dan memiliki nilai BMI diatas 27 yang berarti pasien mengalami obesitas. Sehingga diperlukan langkah-langkah antisipasi pengobatan dan pencegahan penyakit dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan karena peningkatan pelayanan kesehatan terhadap pasien merupakan salah satu tujuan dari program Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Langkah-langkah tersebut salah satunya berupa penambahan tenaga medis di bidang spesialisasi tertentu, penambahan stok obat, dan melakukan penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat terhadap penyakit tertentu. 
Melihat kondisi tersebut pihak rumah sakit tentunya perlu mengetahui jenis penyakit yang paling banyak dijumpai di rumah sakit tersebut, dan jenis penyakit apa yang paling banyak diidap oleh pasien yang berusia sekian. Dengan mengetahui kondisi ini, pihak rumah sakit dapat mengambil tindakan kebijakan dalam antisipasi pengobatan dan pencegahan penyakit. Untuk dapat membantu pihak rumah sakit Sari Mulia Banjarmasin dalam memberikan informasi mengenai data penyakit pasien berdasarkan faktor usia dan nilai BMI tentunya diperlukan suatu metode pendukung sebagai landasan dalam pengambilan keputusan.
Metode Clustering adalah salah satu metode dalam data mining yang dapat diterapkan untuk membantu membangun suatu sistem sebagai penyelesaian permasalahan tersebut. Metode ini telah banyak diterapkan untuk berbagai keperluan dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Beberapa penelitian diantaranya yang menerapkan metode ini adalah “Klasifikasi Kandungan Nutrisi Bahan Pangan Menggunakan Fuzzy C-Means”, dan “Aplikasi K-Means Untuk Pengelompokkan Mahasiswa Berdasarkan Nilai Body Mass Index (BMI) & Ukuran Kerangka”.
Fuzzy C-Means adalah suatu teknik pengclusteran data yang mana keberadaan tiap-tiap titik data dalam suatu cluster ditentukan oleh derajat keanggotaan. Data-data penyakit pasien tersedia di dalam berkas rekam medis diproses dan dianalisis untuk kemudian dilakukan pengelompokkan berdasarkan faktor usia dan nilai BMI. Dengan menerapkan metode ini diharapkan akan menghasilkan informasi mengenai jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh pasien yang berusia sekian tahun, dan berada pada kategori kurus, normal, atau gemuk dilihat dari nilai BMI pasien. 
Penelitian ini akan menganalisis penerapan Fuzzy C-Means untuk pengelompokkan penyakit berdasarkan faktor usia dan nilai Body Mass Index pada Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin.
1.2. Permasalahan Penelitian
1.2.1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian latar balakang di atas, maka identifikasi permasalahan dalam penelitian ini yaitu belum ada penerapan algoritma fuzzy c-means dalam kasus pengelompokkan penyakit di Rumah Sakit Sari Mulia berdasarkan faktor usia dan nilai body mass index.
1.2.2. Ruang Lingkup Masalah
Ruang lingkup masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data penyakit yang berada dalam rangking 5 besar terbanyak yang meliputi data nama penyakit pasien, usia pasien, berat badan pasien dan tinggi badan pasien yang didapat pada berkas rekam medis pasien Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin dari bulan Maret 2011 sampai bulan Mei 2011.
  2. Penelitian ini hanya mengelompokkan penyakit pasien yang di rawat nginap.
  3. Penelitian ini hanya membahas pasien yang berusia diatas 18 tahun.
  4. Pengelompokkan penyakit berdasarkan faktor usia dan nilai body mass index menggunakan metode fuzzy c-means pada Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin.
1.2.3. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan metode  fuzzy c-means dalam kasus pengelompokkan penyakit di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin berdasarkan faktor usia dan nilai body mass index?

1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan latar belakang di atas, maka penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan menerapkan metode fuzzy c-means dalam kasus pengelompokkan penyakit di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin berdasarkan faktor usia dan nilai body mass index.
1.3.2. Manfaat Penelitian
  1. Bagi Penulis, penelitian ini berguna untuk menambah wawasan mengenai metode fuzzy c-means beserta penerapannya dan sebagai sarana penerapan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama kuliah dalam realita permasalahan yang ditemukan di lapangan.
  2. Bagi Rumah Sakit Mulia Banjarmasin, penelitian ini bermanfaat untuk membantu bagian rekam medis dalam memperoleh informasi-informasi strategis guna mendukung pengambilan keputusan oleh pihak manajemen dalam antisipasi pengobatan dan pencegahan penyakit.
* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

 Baca Juga : Source Code VB6 Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Saran Anda. Komentar Atau Permohonan Terbit Artikel Keinginan Anda