Skripsi Full SPK Jurusan Menggunakan Metode AHP Siap Download

Skripsi Full SPK Jurusan Menggunakan Metode AHP Siap Download

Skripsi Full SPK Jurusan Menggunakan Metode AHP Siap Download
Tampilan Menu Utama Aplikasi
* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan  di hampir semua aspek kehidupan manusia dimana berbagai permasalahan hanya dapat dipecahkan kecuali dengan upaya penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain manfaat bagi kehidupan manusia di satu sisi lain perubahan tersebut juga telah membawa manusia ke dalam era persaingan global yang semakin ketat Salah satunya di aspek pendidikan yang sekarang ini sudah mulai menggunakan teknologi komputer dalam setiap kegiatannya untuk kemudahan dalam menangani kebutuhan informasi yang mereka miliki.
Dalam dunia kerja terutama pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu, komputer dapat membantu dan mempermudah dalam menyelesaikan masalah suatu pekerjaan, misalnya sebuah Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk penentuan jurusan  pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu.  Proses penentuan jurusan secara manual sering menimbulkan suatu permasalahan bagi para guru yaitu sering mengalami kesulitan dalam perhitungan jumlah bobot nilai seluruh mata pelajaran yang sudah menjadi ketetapan pihak sekolah dalam penentuan jurusan, sehingga  penyampaian informasi hasil penentuan jurusan siswa juga membutuhkan waktu yang relatif lama, karena para guru harus menghitung satu per satu nilai siswa.
Untuk mengatasi permasalahan dalam penentuan jurusan ini, dan pengolahan terapan teknologi yang tepat baiknya adalah sebuah aplikasi berbentuk suatu program yang dapat membantu seseorang dengan berbagai kemudahan dukungan teknologi komputer sebagai salah satu sarana media. Perkembangan teknologi informasi telah memungkinkan pendukung sebuah keputusan yang dilakukan dengan adanya perkembangan perangkat lunak serta kemampuan menggabungkan beberapa teknik dalam pengambilan keputusan dari berbagai alternative solusi. Dalam hal ini sistem pendukung keputusan penentuan jurusan SMA dapat dimanfaatkan untuk melihat kemampuan siswa sehingga ketidak cocokan dan kebimbangan seorang guru dalam penentuan jurusan dapat dikurangi.
Sistem pendukung keputusan penentuan jurusan Sekolah Menengah Atas diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi jurusan bagi siswa SMA sehingga mempermudah para guru dalam menentukan jurusan untuk mendapatkan jurusan yang tepat berdasarkan kemampuan yang dimiliki  siswa  sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.. 
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk mengangkat judul skripsi “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu”.

1.2 Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas, masalah yang dihadapi SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu pada saat ini adalah terjadinya kesulitan bagi para guru dalam penentuan jurusan bagi siswa-siswi kelas X.

1.3 Batasan Masalah

Pada perancangan sistem ini penulis akan membatasi ruang lingkup studi masalah perancangan program ini hanya difokuskan pada proses penentuan jurusan untuk IPA dan IPS pada SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu.  

1.4 Tujuan Penelitian

Terciptanya sebuah sistem aplikasi sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pihak sekolah dalam proses penentuan jurusan bagi siswa-siswi kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Sehingga mempermudah pihak sekolah untuk mendapatkan jurusan yang tepat berdasarkan kemampuan yang dimiliki siswa, serta memberikan satu analisa yang mampu memantapkan pilihan pihak sekolah.

1.5 Manfaat Penelitian

Dengan adanya penelitian ini diharapkan mempunyai manfaat untuk SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu yaitu :
  1. Manfaat teoritis penelitian ini adalah memberikan solusi mengenai masalah penentuan jurusan SMA yang diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk pengembangan teori dalam bidang pendidikan.
  2. Manfaat dalam pengambilan kebijakan adalah bahwa penellitian ini menghasilkan hasil sebuah sistem yang dapat membantu para guru dalam proses pengambilan keputusan bagi siswa-siswi dalam hal penentuan jurusan.
  3. Sebagai acuan peneliti selanjutnya, khususnya penelitian yang berkaitan dengan sistem pendukung keputusan penentuan jurusan pada SMA.
Skripsi Full SPK Jurusan Menggunakan Metode AHP Siap Download, diambil dari sebuah Skripsi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan judul: Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu.

* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Saran Anda. Komentar Atau Permohonan Terbit Artikel Keinginan Anda