SISTEM INFORMASI USAHA KECIL MENENGAH BERBASIS WEB

SISTEM INFORMASI USAHA KECIL MENENGAH PADA SKY FRUIT BENGKULU BERBASIS WEB


BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan suatu unit usaha kecil yang mampu berperan dan berfungsi sebagai katup pengaman baik dalam menyediakan alternatif kegiatan usaha produktif, alternatif penyaluran kredit, maupun dalam hal penyerapan tenaga kerja. UKM dianggap penyelamat perekonomian Indonesia di masa kini.
Sky Friut merupakan usaha kecil menengah yang bergerak dibidang penjualan makanan dan minuman di Kota Bengkulu di antaranya Banana Coklat, Banana Strawberri, Banana White, Greentea, Coklat, Taro, Cappucino, dan lain sebagainya, akses informasinya masih sangat terbatas, dalam menjalankan usahanya sebagian besar masih menggunakan sistem manual dalam melakukan promosi, penjualan serta pengolahan datanya belum ada pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk memperluas area promosi dan penjualan usahanya. Hal ini menyebabkan produk yang di hasilkan kurang di kenali oleh masyarakat luar serta pengembangan usaha menjadi kurang optimal.
Berkaitan dengan permasalahan di atas, maka penulis ingin menganalisis dan mengembangkan sistem informasi usaha kecil menengah berbasis web pada Sky Fruit. Sebuah website yang dapat memberikan beberapa keuntungan yaitu mendukung promosi dan penjualan makanan dan minuman pada Sky Fruit  demi memajukan usahanya, menjadikan Sky Fruit  semakin siap berkompetisi di dunia bisnis dan dapat meningkatkan pelayanannya karena dukungan website ini, dan pengolahan data lebih tersusun secara efektif dan akurat.
Sistem informasi merupakan suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan. (Eka Iswandy, 2015).
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengangkat judul proposal skripsi dengan judul “Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Sky Fruit Bengkulu Berbasis Web”.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan suatu masalah, yaitu bagaimana melakukan perancangan dan pembuatan sistem informasi usaha kecil menengah pada Sky Fruit Bengkulu berbasis Web.

1.3 Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah perancangan Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Sky Fruit Bengkulu Berbasis Web yang dibatasi pada data promosi.

1.4 Tujuan Penelitian
Penelitian ini memiliki berapa tujuan yaitu:
1. Membut perancangan Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Sky Fruit Bengkulu Berbasis Web, 
2. Menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama proses perkuliahan 
3. Untuk dapat menghasilkan suatu sistem informasi yang tepat dan berguna bagi masyarakat.

1.5 Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini diharapkan nantinya akan mempunyai manfaat untuk meningkatakan pemasaran melalui web agar jumlah pembeli atau pemesanan produk bertambah.

*Catatan:
Skripsi ini sudah berhasil penulis buat dan telah di ujikan dengan nilai A
Untuk melihat demo program skripsi ini silakan anda lihat di SINI
Skripsi ini siap dipesan melalui admin di : 0853 6789 7220


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Masukkan Saran Anda. Komentar Atau Permohonan Terbit Artikel Keinginan Anda