Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Menggunakan PHP

SISTEM INFORMASI USAHA KECIL MENENGAH PADA USAHA OLEH-OLEH BENGKULU MENGGUNAKAN PHP

* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Oleh-Oleh Bengkulu menggunakan PHP Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dehasen Bengkulu, 2017.
Toko Rhina merupakan usaha kecil menengah yang bergerak dibidang penjualan oleh-oleh khas Bengkulu di antaranya lempuk durian khas Bengkulu, Sovenir Kulit Kayu Bunga Raflesia dan lain sebagainya, akses informasinya masih sangat terbatas, dalam menjalankan usahanya sebagian besar masih menggunakan sistem manual dalam melakukan promosi, penjualan serta pengolahan datanya belum ada pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk memperluas area promosi dan penjualan usahanya.
Penelitian ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat penyusunan skripsi dan memperoleh gelar Sarjana Komputer pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Dehasen (UNIVED) Bengkulu.
Bahasa pemrograman PHP dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Oleh-Oleh Bengkulu Menggunakan PHP. Pembuatan Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Oleh-Oleh Bengkulu Menggunakan PHP dapat memberikan kemudahan dalam proses promosi produk oleh-oleh.


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Toko Rhina merupakan usaha kecil menengah yang bergerak dibidang penjualan oleh-oleh khas Bengkulu di antaranya lempuk durian khas Bengkulu, Sovenir Kulit Kayu Bunga Raflesia dan lain sebagainya, akses informasinya masih sangat terbatas, dalam menjalankan usahanya sebagian besar masih menggunakan sistem manual dalam melakukan promosi, penjualan serta pengolahan datanya belum ada pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk memperluas area promosi dan penjualan usahanya. Hal ini menyebabkan produk yang di hasilkan kurang di kenali oleh masyarakat luar serta pengembangan usaha menjadi kurang optimal.
Berkaitan dengan permasalahan di atas, maka penulis ingin menganalisis dan mengembangkan sistem informasi usaha kecil menengah pada usaha oleh-oleh Bengkulu menggunakan PHP pada Toko Rhina. Sebuah website yang dapat memberikan beberapa keuntungan yaitu 
1. Mendukung promosi dan penjualan oleh-oleh untuk Toko Rhina demi memajukan usahanya.  
2. Menjadikan Toko Rhina semakin siap berkompetisi di dunia bisnis dan dapat meningkatkan pelayanannya karena dukungan website ini.
3. Pengolahan data lebih tersusun secara efektif dan akurat.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengangkat judul proposal skripsi dengan judul “Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Oleh Oleh Bengkulu Menggunakan PHP”.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan suatu masalah, yaitu bagaimana perancangan Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Oleh Oleh Bengkulu Menggunakan PHP?

1.3 Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah perancangan Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Oleh Oleh Bengkulu Menggunakan PHP yang dibatasi pada data promosi produk oleh-oleh pada Toko Rhina Kota Bengkulu, di antaranya Lempuk Durian, Perut Punai, Kue Tart, Manisan Terong, Emping Bengkulu, Kopi Bengkulu, Sirup Kalimansi, Batik Basurek, dan Kerajinan Kulit Lantung.


1.4 Tujuan Penelitian
Penelitian ini memiliki berapa tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Adapun tujuan-tujuan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
1.4.1 Tujuan Umum
Tujuan umum pada penelitian ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat penyusunan skripsi dan memperoleh gelar Sarjana Komputer pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Dehasen (UNIVED) Bengkulu.
1.4.2 Tujuan Khusus
Tujuan khusus penelitian ini adalah sebagai berikut: 
1. Membut perancangan Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Oleh Oleh Bengkulu Menggunakan PHP 
2. Menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama proses perkuliahan 
3. Untuk dapat menghasilkan suatu sistem informasi yang tepat dan berguna bagi masyarakat.

1.5 Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini diharapkan nantinya akan mempunyai manfaat Untuk meningkatakan pemasaran UKM melalui web agar jumlah pembeli atau pemesanan produk.


BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 

5.1. Kesimpulan
Dari hasil dan pembahasan serta pengujian sistem, maka dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu:
1. Bahasa pemrograman PHP dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Oleh-Oleh Bengkulu Menggunakan PHP.
2. Pembuatan Sistem Informasi Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Oleh-Oleh Bengkulu Menggunakan PHP dapat memberikan kemudahan dalam proses promosi produk oleh-oleh.

5.1. Saran 
Agar sistem yang diusulkan dapat digunakan lebih optimal dan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka ada beberapa saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk Toko Rhina Kota Bengkulu yaitu:
1. Sistem yang dibangun pada intinya hanya sebatas promosi produk oleh-oleh, sehingga kedepannya diharapkan adanya pengembangan lagi untuk sistem yang lebih luas cakupannya seperti pemesanan dan penjualan online dan lain sebagainya.
2. Diperlukan maintenance terhadap sistem yang telah dibuat, supaya dapat digunakan secara berkelanjutan selama kebutuhan terhadap informasi yang dibutuhkan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Saran Anda. Komentar Atau Permohonan Terbit Artikel Keinginan Anda