Skripsi Teknik Informatika Sistem Pendataan Penduduk Berbasis Web

Sistem Pendataan Penduduk Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Berbasis Web


* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

Abstrak: Pengolahan data desa yang biasa digunakan adalah aplikasi Microsoft seperti Microsoft Office Word 2007 dan Microsoft Office Excel 2007. Tujuan khusus penelitian ini adalah merubah proses pengolahan data kependudukan menjadi berbasis komputer. Dengan menggunakan teknologi komputer diharapkan: proses pengolahan data menjadi lebih mudah, pencarian informasi data dan laporan lebih cepat, efektif dan akurat. Hasil penelitian dapat disimpulkan Penelitian ini berhasil merancang dan membangun website dimana dapat mempermudah masyarakat dalam mendata masyarakat batu kalung kecamatan muara kemumu kabupaten kepahiang Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. 

BAB I PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belakang Masalah 
Desa Batu Kalung merupakan desa yang berada di Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang dengan jumlah kepala keluarga (KK) untuk tahun ini 2017 sebanyak 840 kepala keluarga (KK) dan di kepalai oleh bapak Sarkawi, seketaris desa bapak Rizal Afri , saat ini desa ini belum memiliki sistem khususnya dalam mengelolah data desa, pengolahan data desa yang biasa digunakan adalah aplikasi Microsoft seperti Microsoft Office Word 2007 dan Microsoft Office Excel 2007.
Berdasarkan uraian diatas penulis mengambil judul penelitian dengan judul “Sistem Pendataan Penduduk Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Berbasis Web”.

1.2. Rumusan Masalah 
Perumusan masalah merupakan hal yang penting dalam menjelaskan dan mengarahkan analisis yang dilakukan. Dalam penyusunan laporan skripsi ini penulis mencoba merumuskan masalah tentang penanganan data yang masih dilakukan secara manual antara lain: Bagaimana dapat menginput, memproses dan memperoleh informasi tentang data penduduk, data kartu keluarga, data kelahiran, data kematian secara cepat dan tepat? 

1.3. Batasan Masalah 
Untuk memfokuskan pada masalah-masalah yang akan dibahas pada Sistem Pendataan Penduduk Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang ini, diberikan batasan-batasan yaitu : 
a. Pengolahan data kartu keluarga (KK) 
b. Pengolahan data surat keterangan kelahiran 
c. Pengolahan data surat keterangan kematian
d. Data yang diolah adalah data tahun 2017

1.4. Tujuan Penelitian 
Adapun tujuan penelitian dalam pelaksanaan penelitian ini adalah merubah proses pengolahan data kependudukan menjadi berbasis komputer. Dengan menggunakan teknologi komputer diharapkan: proses pengolahan data menjadi lebih mudah, pencarian informasi data dan laporan lebih cepat, efektif dan akurat. 

1.5. Manfaat Penelitian 
a. Dapat membantu proses kerja manusia dalam mengolah data berkas ke data digital. 
b. Perawatan dokumentasi dengan digitalisasi jauh lebih efektif dan efisien dari pada dengan berkas.
c. Proses informasi penduduk, dapat lebih cepat diolah dan diterima oleh konsumen. 
d. Selain itu, dapat meningkatkan kredibilitas Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang dimata masyarakat pada umumnya karena proses pengolahan data dan pencarian informasi dapat ditangani secara profesional.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1. Tampilan Menu Utama
Menu utama merupakan menu yang berfungsi untuk memanggil sub menu. Pada menu ini terdapat menu Home, menu Login, menu Profil Desa, dan menu Info Penduduk. Adapun bentuk dari tampilan menu utama dapat terlihat pada gambar dibawah ini:
Tampilan Menu Utama
4.3. Tampilan Halaman Info Penduduk
Pada halaman terdapat data penduduk dan masing-masing penduduk dapat mengambil surat pengantar Kartu Keluarga, Surat Keterangan Kelahiran, dan Surat Keterangan Kematian. adapaun bentuk dari halaman informasi penduduk dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Halaman Info Penduduk
4.4. Tampilan Halaman Cetak Pengantar Kartu Keluarga
Halaman ini merupakan halaman formulir permohonan kartu keluarga yang di buat oleh desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu untuk di ajukan ke kantor Catatan Sipil Kabupaten Kepahiang. Adapun bentuk tampilan halaman cetak pengantar kartu keluarga dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Cetak Pengantar Kartu Keluarga

4.5. Tampilan Halaman Cetak Surat Keterangan Kelahiran
Halaman ini merupakan halaman formulir permohonan surat keterangan kelahiran yang akan di ajukan untuk Catatan Sipil Kabupaten Kepahiang. Halaman ini di keluarkan oleh kepala desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Adapun bentuk tampilan halaman ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Cetak Surat Keterangan Kelahiran
4.6. Tampilan Halaman Cetak Surat Keterangan Kematian
Halaman ini merupakan halaman formulir permohonan surat keterangan kematian yang akan di ajukan pada Catatan Sipil Kabupaten Kepahiang. Halaman ini di keluarkan oleh kepala desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Adapun bentuk tampilan halaman cetak surat keterangan kematian dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Cetak Surat Keterangan Kematian



4.8.1. Tampilan Form Input Admin
Halaman ini berfungsi untuk menginputkan data admin, menambah data, merubah data, dan menghapus data. Adapun bentuk tampilan halaman input data admin dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Tampilan Input Admin

4.8.2. Tampilan Form Input Penduduk
Halaman ini berfungsi untuk memasukkan data penduduk, menambah data, merubah data, dan menghapus data penduduk. Adapun bentuk tampilan halaman input data penduduk dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Tampilan Input Penduduk
4.8.3. Tampilan Form Input Surat Kelahiran
Halaman ini berfungsi untuk menambah, merubah, dan menghapus data surat kelahiran. Adapun bentuk tampilan halaman dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Tampilan Input Surat Kelahiran

4.8.4. Tampilan Form Input Surat Kematian
Input Surat Kematian merupakan halaman yang berfungsi untuk menambah data, merubah data, dan menghapus data surat kematian. Adapun bentuk tampilan halaman input data surat kematian dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Tampilan Input Surat Kematian

4.8.5. Tampilan Form Input KTP
Input Kartu Penduduk merupakan halaman yang berfungsi untuk menambah data, merubah data, dan menghapus data Kartu Penduduk. Adapun bentuk tampilan halaman input data KTP dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Tampilan Form Input KTP
4.8.6. Tampilan Form Input KK
Input Kartu Keluarga merupakan halaman yang berfungsi untuk menambah data, merubah data, dan menghapus data Kartu Keluarga. Adapun bentuk tampilan halaman input data Kartu Keluarga dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Tampilan Form Input KK

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 

5.1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan beberapa hal mengenai Sistem Pendataan Penduduk Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Berbasis Web:
1. Penelitian ini berhasil merancang dan membangun sistem pendataan penduduk Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Berbasis Web,
2. admin dapat mengakses seluruh data desa seperti cetak permohonan ktp, cetak permohonan kk, cekat sk kelahiran, cetak sk kematian.
3. Pengunjung dapat melihat profil desa dan cetak pengantar kk, cetak sk kelahiran, dan cetak sk kematian.

5.2. Saran
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan yang telah diuraikan di atas, saran dan rekomendasi yang dapat diberikan adalah:
1. Sistem pendataan penduduk Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Berbasis Web perlu pengembangan dan menambahkan fasilitas lain yang dapat memperlengkap proses informasi data desa khususnya desa Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang.
2. Untuk kemudian hari diharapkan dapat dilakukan pengembangan aplikasi yang dapat dilakukan menggunakan bahasa pemrograman lain.
3. Sistem pendataan penduduk Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Berbasis Web ini di harapkan di daftarkan server online agar bias di pakai oleh masyarakat luas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Saran Anda. Komentar Atau Permohonan Terbit Artikel Keinginan Anda