Skripsi Teknik Informatika/Sistem Informasi 100% Gratis

Skripsi Teknik Informatikan/Sistem Informasi 100% Gratis

Buat anda yang sedang menggarap skripsi khususnya jurusan Teknik Informatikan atau Sistem Informasi Komputer, silakan copy isi dari artikel ini (GRATIS). tapi jika anda menginginkan aplikasinya, mohon pengertiannya untuk menggantikan biaya kirim.. (Kuota Internet). Hubungi penulis jika tertarik.

* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

Tampilan program yang dibuat menggunakan visual basic 6.0:

Skripsi Teknik Informatikan/Sistem Informasi 100% Gratis
Naive Bayes Algorithm

Judul : Algoritma Naïve Bayes untuk Mem prediksi dalam Pendukung Keputusan main Tenis  Pekan Olahraga Pekerjaan Umum (PORPU)  Bengkulu


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Sekarang ini Betapa Ketatnya persaingan Dunia Olahraga antar dunia, Provinsi, maupun antar yang lain. seperti Permainan Tenis, dll. untuk mendorong kualitas pada Generasi Penerus Bangsa agar nantinya dapat bersaing satu sama lain dan mengabadikannya pada bangsa sendiri. Hampir di setiap Negara Terdapat cabang permainan olahraga, adapun yang menjadi kendala didalam suatu permaianan bisa berupa cuaca buruk di saat akan melakukan pertandingan dan beberapa faktor yang mempengaruhi pertandingan tsb, bisa berupa Suhu cuaca, Angin, Kelembaban, dll. Dengan perkembangan Teknologi Yang semakin meningkat atau Informasi Teknologi sekarang ini sistem permainan dapat dirombak dengan berbagai cara, kebutuhan dunia Teknologi saat ini sangat di perlukan pada dunia Olahraga.
Berdasarkan fakta yang sering terjadi dari tahun ketahun di Pekan Olahraga Pekerjaan Umum (PORPU) Bengkulu, cara Pihak Kantor untuk memprediksi main apa tidaknya yaitu dengan melihat cuaca yang mendukung dan sangat tidak mendukung pada hari itu, para Kantor PU melakukan hal itu agar masyarakat nya tidak akan kecewa ketika akan bermain nanti yang di laksanakan beberapa waktu kedepannya. Dari hasil pembuatan metode penelitian itulah para kantor dapat memprediksikan main apa tidaknya di saat akan bermain, Menimbang hal tersebut bahwa Permainan Tenis dapat di Prediksikan dengan Pandangan Cuaca, Suhu, Kelembaban, angin, dll. Dengan adanya Teknologi saat ini Faktor-faktor tersebut dapat di analisis dengan Algoritma sehingga menjadi sebuah ketentuan kelulusan yang diharapkan. [ Marselina Silvia Suhartinah, Ernastuti. 2010 ].
Analisis sebuah data tersebut perlu adanya beberapa Algoritma untuk pemecahan kendala pada Permainan Tenis tsb. Algoritma yang peneliti gunakan yaitu Algoritma Naïve Bayes, adapun bidang Ilmu yang dipakai pada Algoritma tersebut yaitu Bidang Kewiraswastaan (bahwa kebangkrutan suatu usaha kedepan dapat diprediksikan), Bidang Kepegawaian (dimana Status Anggota Pegawai kedepan dapat di prediksikan, apakah statusnya peningkatan jabatan,dll) , Bidang Olahraga (dalam permainan ada menang ada kalah, kasus itu dapat diprediksikan siapa yang menjadi pemenang maupun kalah), dan dalam bidang lainnya. [Sandeep, Singh. 2003 ]
Pekan Olahraga Pekerjaan Umum (PORPU)  Bengkulu selama ini sistem Permaianannya berdasarkan Cuaca yang dilihat sangat memungkinkan untuk bermain, Dalam menyikapi hal tersebut peneliti ingin menambahkan sebuah sistem dimana Prediksi Main apa tidaknya pada permainan Tenis itu dapat di lakukan dengan memprediksi Cuaca sebelum melakukan permainan Tenis, Melihat permasalahan di atas cara penyelesaian yang di lakukan penulis dengan melakukan Penerapan dengan Beberapa Algoritma dan metode  yang digunakan untuk mengolah data yang sifatnya besar untuk menemukan pola yang terdapat didalamnya diantaranya adalah : decision tree,  analisis diskriminan, teorema bayes, teknik klastering, artificial neural networks, support vector machine, regresi linear, dan support vector regresi. Setiap metode memiliki algoritma-algoritma yang digunakan untuk memproses data yang ada. Jumlah data yang  terus meningkat memerlukan beberapa metode untuk mengolah dan mengambil kesimpulan dan informasi dari data tersebut. Namun pada kesempatan kali ini penulis mengangkat mengenai penggunaan/pemecahan masalah yaitu algoritma Naive Bayes.(Mustapha, Aida. 2011).
Berdasarakan masalah yang telah diuraikan dalam latar belakang di atas maka penulis mengangkat sebuah judul yaitu ”Algoritma Naïve Bayes untuk Memprediksi dalam Pendukung Keputusan main Tenis  Pekan Olahraga Pekerjaan Umum (PORPU) Bengkulu ”

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas tentang Prediksi Keputusan  Main Tenis , maka peneliti menyatakan rumusan masalah nya adalah Bagaimana menerapkan cara kerja Algoritma Naïve Bayes untuk memprediksi Pendukung Keputusan Main Tenis tersebut?.

1.3. Batasan Masalah
Adapun Batasan masalah yang peneliti angkat yaitu :
  1. Hanya memproses Data-data  berdasarkan Faktor Pandangan Cuaca, Suhu, Kelembaban, Angin saja.
  2. Hanya menerapkan hasil Keputusan Main dan Tidak Main saja.
  3. Keputusan Main dan Tidak main berdasarkan situasi Faktor Cuaca di dalam Tabel Trening yang sedang di prediksi.
  4. Memprediksi hanya di waktu sebelum melakukan main Tenis pada hari itu saja.

1.4. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari dan menemukan pola yang terdapat pada data Cuaca berdasarkan data Pandangan Cuaca, Suhu, Kelembaban, dan Angin. untuk memprediksi main apa tidak sesuai dengan Prediksi cuaca yang di tentukan menggunakan Algoritma Naïve Bayes, kemudian Menerapkan hasil Perhitungan algoritma tersebut.

1.5. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini berguna bagi Peneliti sendiri, masyarakat, maupun peneliti selanjutnya :
1. Bagi Peneliti sendiri.
Dengan adanya fakta dan survey dari  setiap tahun ke tahun masalah demi masalah, yang jadi masalah pertama yang peneliti ketahui yaitu Cuaca yang kurang mendukung ketika melangsungkan permainan. berdasarkan fakta Prediksi selama ini di dasarkan dengan Cuaca cerah saja.
2. Bagi masyarakat.
Melihat dari perkembangan yang dilakukan penelitian untuk membuat system kerja bagaimana memprediksi main Tenis dalam setiap hari maka masyarakat akan sedikit tenang dengan tidak menerima secara langsung main apa tidak
3. Bagi peneliti selanjutnya.
Dengan adanya melihat perkembangan yang di lakukan peneliti tersebut di atas masih perlu untuk di perbaiki, bagi peneliti selanjutnya supaya bisa mengembangkan apa yang di kembangkan oleh peneliti di atas agar menjadi system yang lebih baik lagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Saran Anda. Komentar Atau Permohonan Terbit Artikel Keinginan Anda