Sistem Informasi Objek Wisata Berbasis Mulitimedia Menggunakan Macromedia Flash 8

Sistem Informasi Objek Wisata  Berbasis Mulitimedia Menggunakan Macromedia Flash 8
skripsi ini membahas tentang bagaimana membuat Sistem Informasi Daerah Objek Wisata Kota Lubuk Linggau berbasis Multimedia menggunakan Macromedia Flash 8. sistem informasi ini berbentuk peta digital daerah lubuk linggau.

Sistem Informasi Objek Wisata Berbasis Mulitimedia Menggunakan Macromedia Flash 8
Tampilan Aplikasi Sistem Informasi Objek Wisata

* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

BAB 1 PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi dan informasi sangatlah pesat. Hal ini dipacu oleh meningkatnya kebutuhan manusia akan teknologi dan informasi sebagai sarana penujang efektivitas kerja hampir disegala bidang komputer salah satu bentuk teknologi yang dari waktu ke waktu terus bertambah canggih. Sekarang komputer digunakan hampir diseluruh lapisan masyarakat, baik dalam dunia pendidikan, wilayah perkantoran, serta sebagai serana pencarian dan penerimaan informasi dan yang tak kala pentingnya dunia hiburan. Peran sistem informasi daerah objek wisata sebagai penunjuk keberadaan suatu tempat menjadi sangant penting. Kota Lubuk linggau yang menjadi salah satu kota tujuan wisata disaat liburan sekolah atau saat liburan akhir pekan terutama untuk wisatawan domestik atau mancanegara memerlukan suatu panduan dalam berwisata. Salah satu pilihan wisatawan yang berkunjung ke Kota Lubuk Linggau dalam mencari lokasi sutu tempat yang akan dikunjunginya. Bentuk penyajian sistem informasi pada saat ini sangat beragam, ada yang disusun dengan model konvensional yang dicetak di dengan selembar kertas atau pada saat ini sudah tersedia dalam bentuk canggih dengan sistem GPS, atau menggunakan suatu layanan Google Earth yang memberikan informasi dengan detail menurut posisi Garis Lintang dan Garis Bujur. Setiap perangkat yang digunakan secara global mempunyai tujuan yang sama yaitu mengetahui posisi suatu tempat atau mengetahui posisi keberadaan kita disuatu tempat. Masing- masing perangkat mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam segi penyampaian informasi yang disajikan. Hal ini tergantung kepada kita untuk menggunakan perangkat mana yang ingin dipakai. Dengan banyak sekali tempat baru yang bermunculan di Kota Lubuk linggau yang meliputi pusat perbelanjaan/Mall, Restoran/café, kampus, tempat pelayanan umum, dll, yang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik pada para penduduk Kota Lubuk linggau sendiri atau kepada para Wisatawan yang berkunjung ke Kota Lubuk Linggau. Untuk kenyamanan berwisata maka peranan sistem informasi dan peta menjadi sangat penting agar para Wisatawan tidak mengalami kendala atau tersesat di perjalanan. Dari sekian banyak perangkat berupa sistem informasi lokasi penunjuk keberadaan tempat wisata yang ada sekarang yang mengkhususkan pada lokasi tempat wisata di Kota Lubuk Linggau jumlahnya belum cukup banyak. maka skripsi ini mengangkat judul “Sistem Informasi Daerah Objek Wisata Kota Lubuk Linggau Berbasis Mulitimedia Menggunakan Macromedia Flash 8”.


1.2  Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitaan ini adalah bagaimana membuat Sistem Informasi Daerah Objek Wisata Kota Lubuk Linggau berbasis Multimedia menggunakan Macromedia Flash 8.

1.3 Batasan Masalah
Dalam penulisan ini penulis memberikan batasan masalanya pada “ bagai mana sistem informasi Daerah Objek Wisat Kota Lubuk Linggau Berbasis Multimedia Menggunakan  Macromedia Flash 8 yaitu informasi tentang Nama, Jenis, Lokasi dan sejarah Daerah Objek Wisata”.

1.4   Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sebuah Sistem Informasi  Daerah Objek  Wisata Kota Lubuk Linggau berbasis Multimedia menggunakan Macromedia Flash 8.  

1.5   Manfaat Penelitian
a. Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata
Pada Dinas  kebudayaan dan Pariwisata   Sistem Informasi Daerah objek wisata berbasis Multimedia menggunakan Macromedia Flash 8  dapat dijadikan alternatif dalam mempromosikan  daerah objek wisata  Kota Lubuk Lingau.
b. Pembaca
Dapat membantu para pembaca dalam memahami dan mengaplikasikan pengembangan Sistem Informasi daerah objek wisata   berbasis multimedia menggunkan Macromedia Flash 8.

4.2 Pembahasan
Dari hasil Pengujian sistem dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Lubuk linggau di peroleh 90% menjawab bahwa Sistem Informasi Daerah Objek Wisata Kota Lubuk Linggau yang mereka lihat menarik, sedangkan 10% dari dinas kebudayaan dan pariwisata kurang menarik, tetepi mereka tidak menjelas kan alasannya. Sedangkan menggenai tampilan dari sistem informasi daerah objek wisata 75% sangat jelas terlihat dari Nootbook, 25% menjawab jelas,
4.3. Hasil Pengujian 
Pengujian Sistem Informasi  Daerah Objek Wisata Kota Lubuk Linggau Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia Flash 8.  Pengujian ini dilakukan di ruangan Bapak Agus Darmawijaya, SE selaku Didang Pariwisata serta jajarannya selama 30 menit, dimana dalam pengujian ini penulis menggunakan Nootbook untuk menjelas kan memperlihatkan  tampilan dari sistem informasi daerah objek wisata.
Setelah memperlihat dan menjelaskan cara penggunaaanya pada saat pengujian sistem , kemudian jajaran Bidang Pariwisata mencoba menjelas kan sistem informasi daerah objek wisata dengan maksud untuk menggetahui tanggapan mereka menggenai sistem informasi daerah objek wisata,  kemudian setelah selesai pengujian dibagikan kapada Bidang pariwisata yang berisi partanyaan menggenai pandapat mereka tantang tampilan dan kelebihan serta keuntungan dari sistem informasi daerah objek wisata kota lubuk linggau berbasis multimedia menggunakan macromedia flash 8.

* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Comment:

Comment

Masukkan Saran Anda. Komentar Atau Permohonan Terbit Artikel Keinginan Anda