Laporan Tugas Akhir Perangkat Ajar Pengenalan Warna Pada PAUD Menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional

PERANGKAT AJAR MENGENAL WARNA PADA PAUD PELANGI BANGSA BENGKULU TENGAH MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PROFESIONAL-Artikel ini membahas tentang Laporan Tugas Akhir. Artikel ini hanya berisi tampilan bab 1 dan bab 4 saja. jika ada yang menginginkan full dari laporan tugas akhir ini (LTA + Program) anda dapat memesannya pada admin.
Berikut Tampilan BAB I dan BAB 4 dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Laporan Tugas Akhir Perangkat Ajar Pengenalan Warna Pada PAUD Menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional


Judul :

PERANGKAT AJAR MENGENAL WARNA PADA PAUD PELANGI BANGSA BENGKULU TENGAH MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8


LAPORAN TUGAS AKHIR

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKAFAKULTAS ILMU KOMPUTERUNIVERSITAS DEHASEN (UNIVED) BENGKULU
2016

* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

BAB I PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Pada saat ini teknologi informasi yang masuk dalam dunia pendidikan dapat digolongkan kedalam dua macam  sistem. Pertama adalah sistem perangkat komputer dan kedua adalah sistem jaringan berupa internet. Kedua sistem ini berkaitan dengan lainnya sehingga merupakan satu-kesatuan. Usaha pembaharuan dalam pembelajaran telah menggugah sebagian hati nurani yang mengerti arti penting  pendidikan yang diakui memiliki peranan yang sentral dan strategis  dalam pengembangan sumber daya manusia.
Konsep pengenalan teknologi informasi pada anak usia dini adalah pemberian  informasi yang diberikan oleh orang tua/guru/lembaga pendidikan dalam  rangka  mengantisipasi kemajuan pada era informasi. Teknologi informasi pada anak  usia dini ini berupa perangkat teknologi  komputer misalnya software yang berkaitan  dengan teknologi informasi pendidikan untuk  membantu dalam kegiatan pembelajaran. Memanfaatkan kemajuan dalam bidang  teknologi informasi untuk kepentingan  kegiatan  pembelajaran juga memerlukan  pertimbangan. Seperti yang berkenaan dengan  biaya investasi, efektifitas pembelajaran, sikap  dan kesiapan tenaga pengajar.
Pada tahap pembelajaran awal setiap orang tua pasti akan cepat cemas bila mendapati putra-putri pada usia sekolah belum juga bisa membaca dengan lancar. Kecemasan cukup beralasan mengingat kemampuan  mengenal huruf,  membaca,  dan menulis merupakan hal mendasar yang harus dipupuk sejak dini untuk dijadikan bekal bagi seorang anak memasuki dunia pendidikan. Lebih dari itu, kemampuan mengenal huruf dan membaca merupakan modal utama seorang anak untuk membuka jendela masa depan, sebuah langkah awal menguasai ilmu pengetahuan. Pada umumnya seorang anak mulai sekolah di tingkat SD pada usia 6 tahun. Namun juga perlu memperhatikan pendidikan anak-anak sedini mungkin, misalnya jika anak sudah berumur 3 tahun dapat dimasukkan kedalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Kelompok Bermain.
Paud Pelangi Bangsa Bengkulu Tengah dalam aktifitas belajar pengenalan warna masih menggunakan alat peraga dan belum mengunakan media seperti perang ajar, sehingga hal ini penulis anggap masih dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang panjang dan kurangnya penerapan teknologi khususnya teknologi komputer yang berkembang pesat seperti sekarang ini
Berdasarkan uraian di atas maka judul yang di angkat dari Laporan Tugas Akhir (LTA) ini adalah “Perangkat Ajar Mengenal Warna Pada Paud Pelangi Bangsa Bengkulu Tengah Menggunakan Macromedia Flash 8.0”

1.2. Rumusan Masalah
Agar penelitian ini tidak menyimpang dari permasalahan sebenarnya, maka perlu diberikan batasan masalah yaitu bagaimana cara membuat Perangkat Ajar Mengenal Warna Pada Paud Pelangi Bangsa Bengkulu Tengah Menggunakan Macromedia Flash 8.0?.

1.3. Batasan Masalah
Agar permasalahan tidak terlalu luas, maka penulis membatasi permasalahan pada membuat perangkat ajar mengenal warna untuk anak usia dini pada Paud Pelangi Bangsa Bengkulu Tengah Menggunakan Macromedia Flash 8.0, tentang warna primer, warna sekunder, dan warna tertier.

1.4. Tujuan Penelitian
Untuk memenuhi salah satu syarat Program Diploma III Jurusan Menajemen Informatika pada Universitas Dehasen Bengkulu selain itu untuk mengetahui bagaimana membuat Perangkat Ajar Mengenal Warna Pada Paud Pelangi Bangsa Bengkulu Tengah Menggunakan Macromedia Flash 8.0.
1.4.1. Tujuan Umum
Tujuan umum dari penelitian ini adalah merupakan salah satu syarat untuk mesnyelesaikan Pendidikan Diploma 3 (D3).
1.4.2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari  penelitian ini adalah untuk membuat Perangkat Ajar Mengenal Warna Pada Paud Pelangi Bangsa Bengkulu Tengah Menggunakan Macromedia Flash 8.0.

1.5. Manfaat Penelitian
Adapun Manfaat dari pembuatan Laporan Tugas Akhir (LTA) ini  adalah :
a. Bagi PAUD Pelangi bangsa Bengkulu Tengah
Sebagai alternatif untuk membantu dalam melakukan pembuatan laporan perangkat ajar mengenal warna menggunakan Macromedia Flash 8.0.
b. Bagi pembaca
Menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembaca dan melatih kemampuan dalam melakukan pembuatan perangkat ajar mengenal warna pada PAUD Pelangi Bangsi Bengkulu Tengah Menggunakan Macromedia Flash 8.0


BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN


4.1 Hasil Rancangan Program
Aplikasi Perangkat Ajar Mengenal Warna Pada Paud Pelangi Bangsa Bengkulu Tengah Menggunakan Macromedia Flash 8 yang digunakan untuk membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar dan mengajar yang selama ini masih manual yaitu menggunakan buku dan papan tulis, aplikasi ini terdiri dari Menu Intro, BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, dan BAB V.
4.1.1 Menu Intro
Menu intro pembuka Perangkat Ajar Mengenal Warna Pada Paud Pelangi Bangsa Bengkulu Tengah. Menu intro berisi tema , animasi text, dan ditampilkan juga logo Paud Pelangi Bangsa Bengkulu Tengah serta tombol lenjut berfungsi untuk melanjutkan ke menu utama. Tampilan menu intro dapat dilihat pada gambar berikut.
Laporan Tugas Akhir Perangkat Ajar Pengenalan Warna Pada PAUD Menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional
Tampilan Menu Intro

4.1.2 Menu Utama

Tampilan Menu utama merupakan tampilan dimana pengguna dapat memilih Menu BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, dan BAB V, dan tombol gambar pintu untuk menuju ke menu penutup. Adapun bentuk dari menu utama dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 
Laporan Tugas Akhir Perangkat Ajar Pengenalan Warna Pada PAUD Menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional
Tampilan Menu Utama
4.1.3 Menu BAB I
Pada menu ini terdapat tombol Menu yang berfungsi untuk kembali ke menu utama, sedangkan tombol next berfungsi untuk penelusuran pengertian warna selanjutnya, tombol Back berfungsi untuk penelusuran pengertian warna sebelumnya, adapun bentuk dari menu BAB I dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Laporan Tugas Akhir Perangkat Ajar Pengenalan Warna Pada PAUD Menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional
Tampilan Menu BAB I

4.1.4 Menu BAB II
Pada menu ini terdapat tombol Menu yang berfungsi untuk kembali ke menu utama, sedangkan tombol next berfungsi untuk penelusuran mengenai pengenalan kelompok warna selanjutnya, tombol Back berfungsi untuk penelusuran pengenalan kelompok warna sebelumnya, adapun bentuk dari menu BAB II dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Laporan Tugas Akhir Perangkat Ajar Pengenalan Warna Pada PAUD Menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional
Tampilan Menu BAB II
4.1.5 Menu BAB III
Pada menu ini terdapat tombol Menu yang berfungsi untuk kembali ke menu utama, sedangkan tombol next berfungsi untuk penelusuran mengenai tingkatan warna selanjutnya, tombol Back berfungsi untuk penelusuran tingkatan warna sebelumnya, adapun bentuk dari menu BAB III dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Laporan Tugas Akhir Perangkat Ajar Pengenalan Warna Pada PAUD Menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional
Tampilan Menu BAB III

4.1.6 Menu BAB IV
Pada menu ini terdapat tombol Menu yang berfungsi untuk kembali ke menu utama, sedangkan tombol next berfungsi untuk penelusuran mengenai warna ciptaan tuhan dan warna ciptaan manusia warna selanjutnya, tombol Back berfungsi untuk penelusuran warna ciptaan tuhan dan warna ciptaan manusia sebelumnya, adapun bentuk dari menu BAB IV dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Laporan Tugas Akhir Perangkat Ajar Pengenalan Warna Pada PAUD Menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional
Tampilan Menu BAB IV
 4.1.7 Menu BAB V
Menu ini menjelaskan kegunaan dari warna, pada menu ini terdapat slide animasi dan latihan soal sebanyak lima soal, setelah kelima soal tersebut berhasil di jawab skor dari hasil jawaban akan tampil, adapun bentuk dari menu BAB V dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Laporan Tugas Akhir Perangkat Ajar Pengenalan Warna Pada PAUD Menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional
Tampilan Menu BAB V

4.1.8 Menu Penutup
Menu ini merupakan menu penutup aplikasi. Pada menu ini terdapat dua tombol, tombol YA yang berfungsi untuk keluar dari aplikasi dan tombol Tidak berfungsi untuk membatalkan keluar dari aplikasi dan kembali ke Menu Utama. Adapun bentuk dari menu penutup dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Laporan Tugas Akhir Perangkat Ajar Pengenalan Warna Pada PAUD Menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional
Tampilan Menu Penutup
* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Saran Anda. Komentar Atau Permohonan Terbit Artikel Keinginan Anda