Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional

Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional-PEMBUATAN IKLAN SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI GERAKAN SADAR ZAKAT MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8.0.

Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional

Alhamdulillah skripsi ini telah disidangkan dan dinyatakan lulus pada tahun 2013 lalu. Skripsi ini membahas tentang cara membuat iklan media sosial gerakan sadar zakat yang menggunakan macromedia flash 8 profesional. Artikel web ini hanya dapat memperlihatkan skripsi secara gamblang saja, karena rasanya tidak mungkin untuk memposting seluruh ini skripsi dari halaman cover sampai halaman penutup serta perlengkapannya dan program aplikasinya.

* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

Berikut tampilannya:

PEMBUATAN IKLAN SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI GERAKAN SADAR ZAKAT MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8.0


SKRIPSI

Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional



Disusun Oleh:

Mahasiswa
NPM: 00000000



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
2013


BAB I PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam Era Globalisasi ini kemajuan teknologi di berbagai  bidang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Begitu juga teknologi bidang komputer sudah begitu canggih, sehingga penggunaan komputer di berbagai bidang dan instansi sangat diperlukan. Tujuan pengunaan komputer tersebut pada  intinya untuk mengolah data.
Komputer terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (Brainware). Untuk mendukung penggunaan komputer agar lebih mempermudah pekerjaan manusia yaitu dengan menggunakan perangkat lunak (software) sesuai yang dibutuhkan.
Perkembangan yang meliputi dalam membantu menyelesaikan suatu permasalahan, sangat memungkinkan suatu instansi pemerintah seperti Badan Amil Zakat Kota Bengkulu dapat memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh software dari komputer, seperti Macromedia Flash 8.0.
Badan Amil  Zakat Kota Bengkulu merupakan lembaga pengelolah zakat yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Bengkulu, yang terdiri dari unsur masyarakat dan pemerintah dengan tujuan mengumpulkan, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat sesuai dengan ketentuan agama,  serta menyalurkan dana zakat kepada para  mustahiq dalam bentuk pemberian zakat produktif dan konsumtif. Badan Amil Zakat Kota Bengkulu dalam melakukan sosialisasi pada masyarakat dalam bentuk sosialisasi yang  berbentuk  presentasi dan belum mengunakan media seperti iklan, sehingga hal ini penulis anggap masih dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang panjang dan kurangnya penerapan teknologi khususnya teknologi komputer yang berkembang pesat seperti sekarang ini. Berdasarkan uraian permasalahan di atas, maka penulis bermaksud untuk meneliti lebih lanjut masalah yang ada di Badan Amil Zakat Kota Bengkulu. Dalam hal ini penulis membuat aplikasi untuk membantu sosialisasi yang dituangkan dalam skripsi yang berjudul ”Pembuatan Iklan Sebagai Media Sosialisasi  Gerakan Sadar Zakat Menggunakan Macromedia Flash 8.0”.

1.2 Rumusan Masalah
Dari uraian di atas maka penulis merumuskan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana membuat Iklan Sebagai Media Sosialisasi Gerakan Sadar Zakat Menggunakan Macromedia Flash 8.0.

1.3 Batasan Masalah
Agar penelitian ini tidak menyimpang dari permasalahan sebenarnya, maka perlu diberikan batasan masalah yaitu hanya pada Pembuatan Iklan Menggunakan Macromedia Flash 8.0. dan hanya terdapat 1 iklan yang berupa animasi


1.4 Tujuan Penelitian
1.4.1. Tujuan Umum
Tujuan umum dari penelitian ini adalah merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan sarjana (SI)
1.4.2.Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari  penelitian ini adalah untuk membuat Iklan Sebagai Media Sosialisasi Gerakan Sadar Zakat pada Kantor Badan Amil Zakat Kota Bengkulu Menggunakan Macromedia Flash 8.0, dan diharapkan wajib zakat sadar akan kewajibannya membayar zakat.

1.5 Manfaat penelitian
Sebagai tambahan ilmu pengetahuan di bidang informatika serta menciptakan  aplikasi baru yang nantinya dapat berguna bagi dunia pendidikan dan mempermudah sistem sosialisasi mengenai zakat pada Kantor Badan Amil Zakat Kota Bengkulu.
1. Bagi Kantor Badan Amil Zakat Bengkulu
Dapat digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan sosialisasi zakat kepada masyarakat khususnya masyarakat Kota Bengkulu.
2. Bagi Pembaca
Dapat dijadikan referensi bahan acuan untuk menambah pengetahuan dan mengetahui bagaimana cara membuat Iklan Menggunakan Macromedia Flash 8.0.

BAB II LANDASAN TEORI

Mohon maaf bab ini tidak penulis isi dikarenakan terlalu banyak, namun perlu anda ketahui bab ini berisi difinisi dari judul di atas satu persatu, sumbernya bisa dicari di website atau buku.



BAB III METODOLOGI PENELITIAN


3.1. Subyek Penelitian
Badan Amil Zakat Kota Bengkulu adalah salah satu lembaga pengelola zakat yang dibentuk oleh pemerintah kota Bengkulu yang terdiri dari unsur masyarakat dan pemerintah dengan tujuan mengumpulkan, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat sesuai dengan ketentuan agama. Badan Amil Zakat Kota Bengkulu yang selanjutnya disingkat BAZ Kota Bengkulu adalah salah satu lembaga resmi sebagai unsur pendukung tugas Pemerintah Kota Bengkulu di bidang Amil Zakat.
Keberadaan Badan Amil Zakat Kota Bengkulu diatur berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Walikota Bengkulu Nomor 20 tahun 2008 tentang Pembentukan Susunan Organisasi Badan Amil Zakat Kota Bengkulu serta surat Persejutuan DPRD Kota Bengkulu Nomor 170/409/B.XV/2008 tanggal 14 juli 2008.
Adapun tugas dan fungsi Badan Amil Zakat Kota Bengkulu adalah Menyelenggarakan tugas administrastratif dan teknis pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat, Mengumpulkan dan mengelola data yang diperlukan untuk penyusunan rencana pengelolaan zakat, Menyelenggarakan bimbingan dibidang pengelolaan, pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat, Melaksanakan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat, Penyusunan rencana dan program pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat, serta mengadakan penelitian dan pengembangan tentang pengelolaan zakat.
Disamping itu, dalam pelaksanaannya tugas dan fungsi Badan Amil Zakat Kota Bengkulu juga melayani para Muzakki, Mengumpulkan zakat, infaq dan shodaqah serta menyalurkan kepada para mustahik dalam bentuk pemberian modal usaha produktif, pemberian beasiswa, bantuan pendidikan, santunan kepada fakir miskin, bantuan pengobatan, kegiatan dakwah, dan sosial serta membantu kaum dhua’afa lainnya dengan menerapkan manajemen yang transparan, amanah, akuntable dan profesional.

3.2. Tempat Dan Waktu penelitian
1) Tempat penelitian
Penelitian di laksanakan di Kantor Badan Amil Zakat Kota Bengkulu, yang beralamat di jalan RE. Martadinata VI Nomor 19 Pagar Dewa Kota Bengkulu.
2) Waktu penelitian
Penelitian di laksanakan pada tanggal 01 Maret 2013 sampai dengan 01 April 2013, berlangsung selama 1 bulan.

3.3. Struktur Organisasi
Adapun bentuk Struktur Organisasi Badan Amil Zakat Kota Bengkulu dapat dilihat pada lampiran.

3.5. Metode Penelitian
Dalam melakukan peranelitian ini, mengunakan metode pengembangan sistem yang mana tahapan dalam pengembangan sistem terdiri dari enam tahapan yaitu;
  1. Survey, bertujuan mengetahui ruang lingkup pekerjaan
  2. Analisis data, bertujuan untuk memahami sistem yang ada mengidentifikasi masalah dan cara solusinya.
  3. Desain, bertujuan untuk mendesain sestem baru yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi.
  4. Pembuatan, membuat sestem yang sudah didesain atau menyiapkan semuah yang dibutuhkan sparti perangkat keras dan perangkat lunaknya.
  5. Implementasi, bertujuan untuk mengimplementasikan sistem yang baru.
  6. Pemeliharaan, bertujuan agar sistem dapat berjalan secara optimal.

3.6. Metode Pengumpulan Data
Untuk dapat menyusun proposal  penelitian ini, maka perlu adanya kegiatan mengumpulkan data, menganalisis data, mengolah data dan menyajikan data yang dilakukan secara sistematis dan efisien untuk memecahkan persoalan, tentunya di perlukan data yang tepat dan akurat. Untuk itu dalam melakukan proses pengumpulan data, ada beberapa metode sebgai berikut;
a. Observasi
Yaitu mengumpulkan data dengan cara pengadakan pengamatan lansung pada Kantor Badan Amil Zakat Kota Bengkulu.
b. Studi Pustaka
Peneliti memperoleh informasi dari membaca literature – literature mempelajari buku – buku yang berhubungan dengan teori – teori dan judul penulis angkat. Dalam studi ini penulis mendapat dasar teoritis dengan mempelajari literature – literature yang berguna dalam pemahaman lebih mendalam mengenai segalah sesuatu yang berkaitan dengan permasalahan penelitian Seperti tentang teori tentang Macromedia Flash 8.0 konsep perancangan database dan sistem informasi.

3.7. Software Dan Hardware
Adapun Software dan Hardware yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
a. Software
Adapun Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1. Sistem Operasi Windows XP Service Pack 2
2. Program Aplikasi Macromedia Flash 8.0
b. Hardware
1. Prosesor Intel Pentium 1V
2. 80 GB Space Harddisk
3. Ram 1 GB
4. Monitor LCD
5. Keyboard 101/102
6. Mause HID-Comliant Mouse
7. Printer Canon IP1900

3.8. Metode Perancangan Sistem
A. Analisa Sistem Aktual
Sebelum melakukan pengembangan terhadap suatu sistem, telebih dahulu penulis menganalisa sistem yang dipakai pada Kantor Badan Amil Zakat Kota Bengkulu dalam proses sosialisasi kepada masyarakat. Ini dilakukan untuk mengetahui dan  mempelajari kelemahan sistem tersebut dan masalah yang dihadapi dalam proses sosialisasi zakat kepada masyarakat.
Berdasarkan hasil prapenelitian sudah dilakukan, sistem sosialisasi dilakukan dengan cara presentasi secara langsung kepada masyarakat.
B. Perancangan Sistem Baru
Dalam proposal penelitian ini penulis akan membuat iklan sebagai media sosialisasi  gerakan sadar zakat menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8.0. Iklan sosialisasi ini bertujuan untuk membantu proses sosialisasi kepada masyarakat khususnya masyarakat Kota Bengkulu dengan cepat, efektif dan efisien.

3.9. Perancangan
A. Membuat Naskah Cerita
Naskah adalah persiapan yang paling awal dalam pembuatan iklan sosialisasi. Naskah adalah panduan utama dalam produksi. Apabilah naskah tergolong buruk, maka bisa dipastikan animasi yang akan dibuat akan buruk. 
B. Menentukan Ide
Cerita iklan sosialisasi ini bertujuan sebagai media sosialisasi dimana cerita yang terkandung di dalam iklan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat Propinsi Bengkulu.
C. Menentukan Tema
Pada pembuatan iklan sosialisasi ini terdapat tema, adapun tema terdebut adalah “Ayo Salurkan Zakat Anda”
D. Pengembangan Karakter
Sebuah cerita dipandu dan dimainkan oleh karakter atau tokoh. Bentuk tokoh tidaklah menjadi masalah, yang paling penting karakter harus baku, karena tanpa karakter, kisah dalam iklan sosialisasi tidak dapat diceritakan.

3.10. Rancangan Tampilan
A. Rancangan Tampilan Intro
Tampilan Intro iklan sosialisasi gerakan sadar zakat, Pada bagian atas menu ini terdapat tulisan Badan Amil Zakat Kota Bengkulu, sedangkan dibawahnya terdapat logo Badan Amil Zakat Kota Bengkulu, pada iklan sosialisasi ini terdapat , dapat dilihat pada gambar di bawah ini;
Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional
Rancangan Tampilan Intro

B. Rancangan  Tampilan Isi
Menu ini merupakan tampilan isi ilkan sosialisasi gerakan sadar zakat. Pada menu ini berisi iklan sosialisasi penyaluran zakat yang berdurasi 60 detik, dapat dilihat pada ambar di bawah ini;
Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional
Rancangan  Tampilan Isi


C. Rancangan Tampilan Penutup
Tampilan ini merupakan penutup iklan sosialisasi gerakan sadar zakat badan amil Zakat Kota Bengkulu yang berdurasi 30 detik, dapat dilihat pada ambar di bawah ini;
Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional
Rancangan Tampilan Penutup

3.11. Perancangan Pengujian
Pengujian sistem dilakukan dengan cara membuka Iklan Sosialisasi Gerakan Zadar Zakat Kota Bengkulu menggunakan komputer (Sampel) untuk mengetahui apakah Iklan Sosialisasi ini dapat menarik perhatian masyarakat dalam menyalurkan zakat pada Kantor Badan Amil Zakat Kota Bengkulu. Pengujian dilakukan dengan cara sistematis melalui dua tipe pengujian yaitu:
1. Stup Testing (Pengujian Struktur)
Yaitu tes struktur kendali sebelum program diajukan.
2. Unit Testing (Pengendalian Unit)
Pengujian unit, setiap menu di uji untuk menjamin program tersebut dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dengan baik.
Ada 2 metode untuk melakukan testing yaitu:
1. Black Box Testing (terfokus pada apakah unit program tersebut memenuhi requirement/ syarat yang ditentukan dalam spesifikasi).
2. White Box Testing (melihat kedalam program untuk meneliti kode-kode program yang ada, dan menganalisa apakah ada kesalahan atau tidak).

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN



4.1. Tampilan Intro
Iklan Sosialisasi Gerakan Sadar Zakat merupakan iklan yang menjelaskan tentang pentingnya membayar zakat yang di salurkan melalui kantor BAZ dan kemudian pihak kantor BAZ memberikan kepada masyarakat yang wajib menerimanya, adapun bentuk tampilan iklan  dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional
Tampilan Intro


4.2. Tampilan Isi
Gambar di bawah ini merupakan tampilan dari iklan sosialisasi gerakan sadar zakat pada kantor BAZ Kota Bengkulu.
1. Dua orang pengusaha, pengusaha 1 dan pengusaha 2 yang berada di dalam mobil. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional
Tampilan Mobil Berjalan

2. Dalam perjalanan terdengarlah suara adzan dan dua orang pengusaha tersebut berhenti di masjid untuk melaksanakan ibadah shalat

Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional
Tampilan  Masjid

3. Mereka berhenti di depan kantor BAZ Kota Bengkulu, karena pengusaha 1 ingin membayar zakatnya
Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional
Tampilan Di Depan Kantor BAZ

4. Pengusaha 1 menyerahkan zakatnya ke petugas BAZ Kota, dan petugas BAZ Kota menjelaskan kepada pengusaha tersebut khususnya pengusaha 2 yang tidak paham akan zakat
Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional
Tampilan Membayar Zakat

4.3. Tampilan  Penutup
Menu ini merupakan menu penutup dari iklan gerakan sadar zakat pada kantor BAZ Kota Bengkulu, dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Full Skripsi Teknik Informatika Iklan Zakat Menggunakan Macromedia Flas 8 Profesional
Tampilan Penutup

* Kunjungi Channel YouTube Kami di Gudang Tutorial untuk melihat demo program siap pesan

Transaksi pemesanan dapat dilakukan melalui telpon dan bbm jika anda di luar Kota Bengkulu

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Saran Anda. Komentar Atau Permohonan Terbit Artikel Keinginan Anda